Kini Aku Tau dampak aksi Literasi baca
Ada Palu satu tok
Ada Palu dua tok ..tok
Satu ditambah dua sama dengan tok ..tok.. tok..
Guru Suyati bertanya,apakah sudah dilakukan literasi baca di bab 4??? Sudah paham sekali guru Suyati jawaban muridnya. "Belum..."
Baik bentuk dua kelompok , kelompok Rama untuk anak laki-laki, Shinta nama kelompok perempuan. Mari kita bersama mencari tahu ada apa di pembelajaran bab 3 dan bab 4.
Kelompok Rama mencari kata/istilah/pengertian/ kata yang bermakna bab 3, kelompok Shinta mencatat kata/istilah/pengertian/ kata bermakna bab 4.
Dibagi papan tulis menjadi dua bagian ( Rama dan Shinta) setiap kelompok menuliskan temuannya sebanyak banyaknya ( setiap siswa diberi kesempatan satu kali menulis)
Terkumpulah kata bermakna lanjut aksi mencari penjelasan dari kata bermakna tersebut dengan moda sharing-sharing Rama Shinta.
Tak lebih dari dua jam dalam sekali pertemuan semua murid melaksanakan literasi dasar ( baca tulis). Aksi asiknya pembelajaran hari ini penuh makna dan gembira karena semua murid mempunyai kesempatan beraksi literasi.
Adakah yang mau bercerita siapa Rama dan Shinta itu??? Saya Bu mereka adalah masuk ke cerita kepahlawanan "Ramayana". Cerita seru dan romantis kata sebagian murid.
Baik untuk membangkitkan pembelajaran sejarah aksi Minggu depan bersama belajar dari aku tau cerita Ramayana.
Semua murid senang bahagia meskipun suasana kelas rebut tapi menyenangkan.
Tetap semangat bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.
SW 31-1-2023
Komentar
Posting Komentar