Nobar Pojok Baca kelas di Kokulikuler Literasi

 


NOBAR LITERASI

Kegiatan tgl : 

14 sd 16 Febuari 2023

Tema kegiatan: Kreativitas dalam Pojok Baca Kelas

Peserta kegiatan: Kelas 7,8,9

Tujuan kegiatan : 

1. Menumbuhkan minat murid dalam menulis karya

2. Menumbuhkan pola pikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pojok baca kelas

3. Menumbuhkan keberanian murid untuk berargumentasi dan mengkritik lewat karya tulis

4. Menghasilkan produk yang layak untuk dipajang dan dipamerkan dalam pojok baca kelas

5. Menumbuhkan rasa percaya diri murid tentang bakat dan keahlian tiap individu

Manfaat kegiatan :

1. Murid menjadi pribadi yang lebih berani dan percaya diri

2. Kemampuan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis murid dapat berkembang

3. Minat murid dapat tersalurkan 

4. Murid menjadi lebih kreatif dan kritis

5. Murid sadar bahwa setiap individu itu unik


Tantangan : 

1. Bergulat dengan pemikiran yang mendarah daging bahwa membaca itu membosankan

2. Sulitnya membangun rasa percaya diri murid dalam berkarya

3. Sulitnya berkomunikasi dengan murid secara 2 arah, karena murid cenderung pasif

Solusi; 

1. Untuk saat ini yang terpenting ialah perfokus pada keahlian dan bakat tiap individu murid dalam mengembangkan suatu karya terlebih dahulu

2. Berfokus pada minat, dalam arti tidak hanya minat baca namun semua hal yang diminati murid. Baru setelah murid dapat menyalurkan minatnya mulai pendekatan untuk mengenalkan murid pada buku yang menarik.


Perubahan :

1. Sekolah menjadi tempat yang menyenangkan dan menjadi wadah bagi murid untuk berkeluh kesah lewat tulisan/karya/opini, maupun kritik.

2. Pojok baca kelas menjadi sumber untuk mengenal diri sendiri, teman, lingkungan, dan bakat.

3. Ditiap kelas tersedia pojok baca /sudut baca dengan pola tema sesuai kesepakatan kelas

4. Membangun pojok baca tiap kelas dengan pendampingan berkelanjutan wali kelas

5. Aksi Penguatan literasi kelas berkelanjutan

Harapan besar dalam aksi pojok baca tiap kelas bisa menguatkan budaya literasi kelas dan tentunya menjadi bukti aksi gerakan literasi sekolah SMPN 27 Malang.

Terus semangat bergerak belajar bermakna berdampak berkelanjutan merdeka belajar merdeka mengajar.

Aksi Penanggung Jawan/PJ kegiatan dalam membangun literasi pojok baca/sudut baca kelas,

Mhs AM dari Universitas Negeri Malang atas nama:

1. Natasya Risma

2. Condro Ayu Mukti Kuncoro

3. Kharismatul Aziziyah

4. Riki Bayu Setiawan

5. M. Rizki

6. Ahmad Zainul A




Suyati_17-2-2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOLABORASI KERJASAMA PROGRAM KOMPASI (PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK)

BLOOM (baca libatkan orientasikan optimalkan motivasi) kegiatan literasi

Cara Unik Perpustakaan Relicmandaya SMP Negeri 27 Malang