BESTIE Pesawatku
Sahabat Pesawat
Suasana pembelajaran IPS di kelas IX di siang ini tak begitu bergairah , jam pelajaran di pertengahan menjelang waktu istirahat sangat mempengaruhi, hampir semua murid sibuk dengan sendirinya ngobrol dengan suara yang bisa terdengar hingga meja guru hingga beberapa murid ijin kebelakang untuk sesuatu.
Apa yang bisa dilakukan bila kondisi kelas seperti ini, guru memberi ice breaking pun tak begitu membantu membangkitkan semangat mereka, apalagi bila dimulai menyampaikan materi bab 1 sub tema Pengaruh ruang dan interaksi antar ruang di Asia dan Benua Lainnya.
Ya, ini harus di beri amunisi yang bisa menembak membangkitkan gairah belajar pada siang ini, guru tak kecil ide membuat aksi yang asik dengan jurus sahabat pesawat. Media yang dianggap tepat untuk membangun motivasi pembelajaran IPS disiang hari ini.
Setiap murid diberi lembaran limbah kertas yang tak terpakai, " ulangankah Bu?" Celetuk salah satu murid. " tidak hari ini kita buat pembelajaran bergembira, Hari ini kita semua bermain pesawat, bagaimana mau ???? " Asik.... yaa tentu mau Bu,apalagi diterbangkan bersama". Laaa...kan pas dengan kemauan semua murid, tanpa di komando semua murid langsung bergerak membuat pesawat. Suasana bahagia yang ada.
Interaksi semua murid tampak, ada murid putri yang belum begitu ahli membuat pesawat kertas, murid lain siap membantu,kerjasama antar murid terbangun.
Aksi berikutnya di bagi kelompok sahabat sebangku, teman satu membuat soal dan teman sebelah menulis jawabannya dari soal yang dibuat. Adanya interaksi dengan teman sebangku membahas ke layanan soal dan jawaban yang berdua selesaikan.
Bersama semua murid menuju bandara Relicmandaya lapangan olahraga, mereka berkelompok sang pembuat soal berkumpul dan sang pembuat jawaban berkumpul, dengan hitungan 123 semua pesawat diterbangakan arah berlawanan.
Segera setiap murid mencari soal dan jawaban lalu beraksi mencocokkan soal dan jawabnya. Yang sudah pas cocok langsung ditulis di buku tugas IPS dan guru melakukan penilaian.
Ada tiga assessment yang diperoleh guru Suyati, yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning). Pembelajaran hari ini bergembira dan bahagia bersama.
Tetap melebihi semangat merdeka belajar merdeka mengajar
SW_23-8-2022
Komentar
Posting Komentar